Harga Tiket Masuk Terbaru Salju Panas Dolok Tinggi Raja Beserta Rutenya

Obyek wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah obyek wisata berupa kawasan kawah yang didominasi warna putih seperti salju. Tak heran diberi nama Salju di depannya. Namun, mengapa ‘panas’ ? Hal ini karena di tengah – tengah nya terdapat air panas yang memiliki warna biru kehijauan. Tak hanya itu, dari tengah danau tersebut keluar asap dari dalam.


Diberi nama ‘salju’ juga dikarenakan banyaknya hamparan putih yang menutupi tanah. Hamparan putih tersebut seperti abu bekas pembakaran yang ada di sekitar kawah. Hamparan putih ini juga terlihat seperti pagar yang melindungi air panas di tengahnya yang berupa bebatuan kapur. Materialnya pun mirip seperti es sehingga bisa dibilang salju. Jika dilihat dari kejauhan, hamparan putih itu terlihat seperti hamparan salju.

 Harga Tiket Masuk Terbaru Salju Panas Dolok Tinggi Raja Beserta Rutenya

Kawasan ini juga terlihat seperti air terjun bertingkat dan air yang mengalir berupa air belerang. Wilayah di sekitarnya diselimuti dengan pasir putih yang mirip salju. Jika anda datang ke tempat ini, anda bisa naik hingga ke tingkatan paling atas. Selama perjalanan tersebut, anda akan melewati tingkatan kawah – kawah putih tersebut dan akan merasakan aliran air belerang yang cukup panas. Anda juga harus berhati  - hati karena beberapa permukaan tanah berpasir terkadang amblas.

Pemandangan seperti telur – telur besar tercipta dari bebatuan kapur yang berjejeran di salah satu tepi kawah. Pemandangan tersebut terlihat sangat artistik dan di atasnya dialiri air panas serta mengeluarkan asap. Aliran sungai yang bercampur dengan curahan air panas juga menjadi keunikan dari obyek wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja. Uniknya lagi, campuran air tersebut tidak terasa panas bahkan banyak pengunjung yang mandi di aliran sungai ini. Sungai ini letaknya tidak jauh dari kawah putih dan menjadi keunikan yang tidak dimiliki oleh kawah putih Ciwidey, Bandung.

Masyarakat sekitar lebih mengenal kawasan ini dengan nama Kawah Putih Tinggi Raja. Sebagai pengunjung, anda tidak perlu khawatir kehausan dan kelaparan selama menikmati keindahan pemandangan yang ada karena banyak pondok pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman. Cara lain untuk menikmati pemandangan menakjubkan di Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah dengan minum kopi sembari makan mi cup. Cukup asyik bukan?

Dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk bisa tiba di tempat wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja dari Kota Medan. Lokasinya berada di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Ada beberapa pilihan rute yang bisa anda tempuh. Berikut penjelasannya :

-    Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja
-    Medan-Lubuk Pakam-Tebing Tinggi-Dolok Merawan-Dolok Tinggi Raja
-    Medan-Lubuk Pakam-Galang-Bangun Purba-Dolok Tinggi Raja

Jalanan menuju ke obyek wisata ini masih belum beraspal dan masih penuh bebatuan, jalan tersebut memiliki panjang sekitar 10 kilometer mendekati obyek wisata. Apalagi, di sepanjang perjalanan anda akan menemui banyak sekali warga sekitar yang memungut tarif sesuka hati mereka. Biasanya mereka menetapkan tarif sekitar Rp 5.000 untuk sekali tarik. Hal ini terjadi sampai belasan kali sehingga anda bisa waspada dan bisa menolak apabila tarif yang ditetapkan tidak masuk akal. Hal ini tentu membuat pengunjung merasa tidak nyaman dan bisa jadi alasan mengapa tidak begitu banyak pengunjung yang datang ke tempat ini.

Harga tiket masuk ke oyek wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja  tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, seperti yang telah diceritakan sebelumnya, banyak pemungut uang liar yang mengharuskan anda untuk membayar. Di obyek wisata ini anda hanya dikenai tarif parkir kendaraan sebesar Rp 5.000. Setelah itu anda bisa berjalan kaki sekitar 200 meter untuk mencapai kawasan kawah putih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Tiket Masuk Terbaru Fantasy Island Waterpark Beserta Rutenya

Info Lengkap Harga Tiket Masuk Terbaru Kakek Bodo Beserta Rutenya.

Harga Tiket Masuk Terbaru Jembatan Akar Santoaan Beserta Rutenya