Harga Tiket Masuk Terbaru Patung Relief Empat Marga Lampung Beserta Rutenya

Patung Relief Empat Marga adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Provinsi Lampung yaitu di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Bagi para pecinta kartun Naruto, seringkali patung ini disebut dengan Patung Hokage. Sesuai namanya, patung tersebut berupa patung manusia yang merupakan empat marga dari empat tokoh dari keturunan asal atau Persekutuan Besar. Empat tokoh tersebut adalah Buay Sepertung dengan wilayah Aji, Sembilan Empu dengan Wilayah Way Umpu/Mesuji, Buay Bolan dengan wilayah Buay Bolan Udik dan Buay Bolan Ilir dan Buay Rujung dengan wilayah Tegamo’an.


Wisata ini menjadi salah satu mahakarya yang luar biasa karena proses pembuatannya sendiri tidak mudah. Dulunya lokasi ini berupa hutan belantara dimana banyak tanaman karet dengan tebing – tebing yang tinggi. Lokasi ini kemudian dibersihkan dengan bantuan alat berat. Serta proses pembuatannya melibatkan tenaga ahli di bidang desain relief dan bangunan. Patung Relief Empat Marga menjadi simbol kebesaran dari Tulang Bawang Barat.


Harga Tiket Masuk Terbaru Patung Relief Empat Marga Lampung Beserta Rutenya


Dulunya Patung Relief Empat Marga (Megoue Park) adalah organisasi atau perkumpulan masyarakat hukum adat Tulang Bawang Barat. Organisasi ini dibentuk untuk mempertahankan hak – hak masyarakat yang dirampas pada masa kolonial Belanda. Kepemerintahan dengan sistem marga ini berlaku setelah dikeluarkannya Keputusan Residen No. 152 dan 153/1952 dan dikepalai oleh Persiah (Kepala Adat dan Kepala Pemerintahan Umum).

Seiring berjalannya waktu, sistem kepemerintahan tersebut dihapus namun tidak dengan sistem adat yang berlaku. Sistem tersebut berkaitan dengan prilaku budaya dan hak – hak masyarakat terutama mengenai penggunaan Hak Tanah dalam wilayah Hukum Adat Megoue. Keberadaan masyarakat ini masih ada hingga saat ini sehingga patung ini juga menjadi simbol. Tinggi patung mencapai 10 meter. Dalam pengembangannya, bangunan ini akan diperluas dengan taman dan jembatan gantung serta relief di sepanjang tebing.

Patung ini menjadi obyek wisata yang ikonik karena obyek wisata patung masih jarang di Lampung bahkan di Indonesia. Selain sebagai obyek wisata, keberadaan patung ini mengurangi kesan angker di sepanjang jalan hutan rimba dan mengurangi kecelakaan di tempat yang rawan dan sepi. Jalan di kawasan tersebut menanjak tajam dan menurun yang berbentuk seperti S dan di sisi kanan kirinya terdapat jurang dan tebing.

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini gratis dan tidak ada batasan khusus kapan waktu dibuka dan ditutupnya. Sehingga anda bisa datang kapan saja selama 24 jam. Sebagian besar wisatawan yang datang ke tempat ini mampir ketika berada di perjalanan. Karena Patung Relief Empat Marga berada di tikungan tajam letter S di ruas Jalan Provinsi yaitu Tiyuh Panaraga Kecamatan Tulang Bawang Tengan Kabupaten Tulang Bawang Barat. Keberadaan patung ini juga berfungsi sebagai pelestarian sejarah dan adat yang melegenda di Tubaba.

Untuk bisa tiba di lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam dari Kota Bandar Lampung. Seiring dengan banyaknya pengunjung yang mengunggah foto di sosial media, obyek wisata ini semakin terkenal dan hits di kalangan anak muda yang memang gemar memburu tempat – tempat unik dan khas. Tak heran, dengan bantuan promosi melalui media sosial tentu semakin menarik minat pengunjung untuk datang dan berwisata ke tempat ini.

Rute yang bisa ditempuh dari Kota Bandar Lampung adalah dengan melalui rute yaitu Jalan Gruya Kencana, Jalan Sultan Agung, Jalan Rya Cudu, Jalan Tol Besar Bakauheni – Terbanggi Besar, Jalan Lintas Sumatra, Jalan Way Abung, Jalan Merdeka, Jalan Raya Murnijaya, Jalan Pengeran Diponegoro, Jalan Raya Pulung Kencana, Jalan Raya Panaraga Jaya. Jalan ini cukup panjang sehingga anda harus terus melaju sampai menemukan Monumen Megou Park (Patung Relief Empat Marga).



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Tiket Masuk Terbaru Fantasy Island Waterpark Beserta Rutenya

Info Lengkap Harga Tiket Masuk Terbaru Kakek Bodo Beserta Rutenya.

Harga Tiket Masuk Terbaru Jembatan Akar Santoaan Beserta Rutenya