Harga Tiket Masuk Terbaru Danau Ranau Beserta Rutenya

Danau di Pulau Sumatra yang paling terkenal adalah Danau Toba. Namun tahukah anda bahwa Pulau Sumatra tidak hanya memiliki Danau Toba, tetapi ada juga Danau Ranau yang merupakan danau terbesar kedua di Sumatra. Luas danau ini sekitar 125,9 km2 dengan kedalaman rata – rata 174 m dan 229 m untuk kedalaman maksimal. Meski tak banyak orang yang mengenal danau ini, pemandangan yang ada begitu indah dengan suasana yang sejuk dan segar bisa anda nikmati di tempat ini.


Jika anda masuk melalui Desa Banding Agung, anda akan dikenai tarif tiket sebesar Rp 2.000 per orang (harga bisa berubah). Danau Ranau berlokasi di perbatasan dua provinsi yaitu perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung. Meskipun terbilang cukup jauh, namun di sepanjang perjalanan anda bisa menikmati pemandangan yang indah. Di sekitar obyek wisata ini terdapat banyak penginapan. Sehingga bagi anda yang datang dari luar kota anda bisa bermalam.

Harga Tiket Masuk Terbaru Danau Ranau Beserta Rutenya

Salah satu penginapan yang ada di obyek wisata ini adalah Wisma milik PT. PUSRI. Wisma ini berada tepat di sebelah Danau Ranau yang merupakan satu – satunya villa yang ada di danau ini. Tarif penginapan ini berkisar dari harga Rp 250 ribu sampai Rp 450 ribu tergantung fasilitas yang dipilih. Danau yang berlatang belakang Gunung Seminung ini dan memiliki air yang tenang wajib anda kunjungi karena tidak kalah cantik dengan Danau Toba. Jika Danau Toba memiliki Pulau Samosir di tengahnya, maka di tengah danau ini terdapat Pulau bernama Pulau Marisa.

Di Pulau Marisa juga terdapat pemandian air panas yang bisa anda coba. Dengan menyewa perahu motor bertarif sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 6.000.000 (tergantung besar kecil perahu) anda sudah bisa berkeliling Danau Ranau dan menyebrang ke Pulau Marisa. Hal yang penting adalah anda harus mengingat nama perahu yang anda naiki karena anda harus pulang dan dijemput dengan perahu yang sama. Fasilitas yang ada di Pulau Marisa berupa kamar mandi sehingga anda tidak perlu khawatir untuk membersihkan diri setelah berendam di pemandian sulfur (air panas) yang konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Rute menuju Danau Ranau bisa ditempuh dengan beberapa rute, berikut diantaranya :

1. Dari Kota Lampung : Anda bisa mamulai perjalanan dari Bandar Lampung ke Kota Bumi > Bukit Kemuning > Liwa > Kota Batu > Suka Marga > Danau Ranau. Waktu selama di perjalanan sekitar 6 – 7 jam dengan mobil atau motor.

2. Dari Jakarta dengan Bus : Terminal Kampung Rambutan dan pilihlah bus antar kota/provinsi jurusan Jakarta – Ranau (namanya Putra Sulung atau Ranau Indah). Anda bisa berhenti tepat di lokasi obyek wisata danau ini. Tarif bus tersebut sekitar Rp 300.000 per orang dan termasuk biaya penyebrangan Merak – Bakauheni dan makan selama di perjalanan.
Selain itu anda bisa naik bus jurusan Merak, Banten dan melanjutkan perjalanan dengan naik kapal ke Bakauheni. Setelah itu anda bisa menggunakan persewaan mobil jurusan Terminal Rajabasa Lampung dilanjutkan dengan mobil jurusan Banding Agung – Ranau. Biaya yang anda keluarkan sedikit lebih hemat yaitu sekitar Rp 200.000.

3. Dari Jakarta dengan Pesawat : tentu anda bisa memulai perjalanan dari Bandara Internasional Soekarno
 Hatta dengan tujuan Bandara Internasional Sultan Mamud Badaruddin II Palembang. Setibanya di bandara, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mobil jurusan Bandung Agung – Ranau yang memakan waktu sekitar 8 jam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Tiket Masuk Terbaru Fantasy Island Waterpark Beserta Rutenya

Info Lengkap Harga Tiket Masuk Terbaru Kakek Bodo Beserta Rutenya.

Harga Tiket Masuk Terbaru Jembatan Akar Santoaan Beserta Rutenya