Harga Tiket Masuk Terbaru Museum Geologi Bandung Beserta Rutenya

Didirikan pada tanggal 16 Mei 1928, bangunan Museum Geologi Bandung  lalu direnovasi dan dibuka pada tanggal 23 Agustus 2000. Awalnya museum ini memiliki fungsi sebagai gedung perkantoran lengkap dengan laboratorium geologi dan tempat menyimpan koleksi hasil penelitian geologi. Di tempat ini, anda akan menemukan banyak sekali materi geologi yang dilindung oleh pemerintah dan sangatlah berharga. Segala hal yang berkaitan dengan ilmu geologi dan hasil penelitian geologi. Bahkan sejarah perkembangan makhluk hidup dari masa primitif hingga modern. Tak heran, tempat ini menjadi sarana edukasi dan banyak dikunjungi untuk melakukan “study tour”.


Harga Tiket Masuk Terbaru Museum Geologi Bandung Beserta Rutenya

Jam operasional dari Museum Geologi Bandung adalah berbeda – beda. Pada hari Jum’at dan hari libur nasional tempat ini tutup. Anda bisa datang pada hari Senin sampai Kamis dari pukul 09.00 sampai 15.30 WIB dan pada hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00 sampai 13.30. Harga tiketnya sangatlah terjangkau. Untuk pengunjung dewasa dikenai tarif Rp 3.000 dan bagi mahasiswa dan anak – anak dikenai tarif sebesar Rp 2.000.

Tak hanya menambah wawasan, berkunjung ke Museum Geologi Bandung bisa menjadi pilihan untuk melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas. Salah satunya adalah berwisata kuliner. Di area food bazar tersedia banyak makanan. Makanan tersebut bisa dimakan di tempat atau di bawa pulang. Selain itu, aktivitas yang berhubungan dengan geologi seperti menyaksikan fosil dinosaurus. Di Taman Batu, anda bisa mengetahui ilmu kebumian melalui banyaknya jenis batu yang dipamerkan. Berbagai jenis batu tersebut diantaranya batu marmer dari Sukabumi, sabak dari Banten, gamping dari Klaten, dan masih banyak lagi.

Wahana menggali fosil menjadi wahana menarik yang bisa anda coba ketika berkunjung ke Museum Geologi Bandung. Wahana ini tentu bermanfaat sebagai media pembelajaran bagi anak – anak. Bentuknya berupa kolam pasir dan berisi aneka replika fosil. Lalu mereka diajak untuk merekonstruksi tulang belulang agar menyerupai seekor binatang. Tentu kegiatan ini sangat menyenangkan dan bermanfaat. Gambar 3D bertema sejarah bisa menjadi kegiatan unik lainnya. Setelah berfoto, anda bisa mencetak hasil foto tersebut sebagai souvenir.

Kegiatan “Night at The Museum” juga bisa dilakukan. Anda akan merasakan sensai masuk ke dalam museum yang diawali dengan melihat rangka dinosaurus persis seperti film “Night at The Museum”. Kegiatan ini berlangsung setiap bulan sejak 2015 dan awalnya diadakan untuk peringatan Hari Pertambangan dan Energi. Museum ini menyajikan pengetahuan mengenai proses terjadinya bumi seperti tata surya, tatanan tektonik regional, pemetaan sumber daya mineral dan fosil manusia purba. Selain itu juga terdapat informasi seperti penggunaan mineral untuk kegiatan sehari – hari dan jenis bahaya geologi seperti tanah longsor atau letusan gunung berapi.

Beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati yaitu ruangan auditorium untuk seminar, pemutara film, ceramah, dll. Ruang edukasi yang berfungsi untuk tempat berdiskusi dengan kapasitas 40 orang. Ada juga toko souvenir dimana anda bisa membeli berbagai cindera mata yang berkaitan dengan geologi seperti gantungan kunci, buku, kaos, aksesoris, dll. Fasilitas umum lain yang bisa anda nikmati yaitu toilet, poliklinik dan masjid.
Rute menuju ke Museum Geologi Bandung terbilang mudah. Anda bisa menggunakan angkutan umum. Anda bisa memilih angkutan berwarna hijau-hitam dengan angka 05 (jurasan Cicaheum – Ledeng). Dengan begitu anda bisa memilih apakah masuk melalui Pintu Selatan atau Pintu Utara. Lokasinya sendiri berada di Jalan Diponegoro No 57 bandung, Jawa Barat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Tiket Masuk Terbaru Fantasy Island Waterpark Beserta Rutenya

Info Lengkap Harga Tiket Masuk Terbaru Kakek Bodo Beserta Rutenya.

Harga Tiket Masuk Terbaru Jembatan Akar Santoaan Beserta Rutenya