Harga Tiket Masuk Terbaru Candi Jiwa Beserta Rutenya

Kabupaten Karawang merupakan salah satu kabupaten dengan suasana asri yang masih terjaga. Tak hanya keasrian lingkungannya, jejak sejarah di tempat ini juga masih terjaga hingga sekarang. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Candi Jiwa yang hingga kini selalu dikunjungi banyak orang. Situs tertua di Jawa ini sudah berdiri sejak lama dan diperkirakan didirikan oleh kerajaan Tarumanegara. Jika melihat sedikit sejarah tersebut maka bisa dipastikan jika situs ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga ketika berlibur sekaligus menambah pengetahuan sejarah Indonesia. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dulu harga tiket masuk terbaru Candi Jiwa beserta rutenya.




Harga Tiket Masuk Terbaru Candi Jiwa Beserta Rutenya

Candi Jiwa merupakan salah satu situs bersejarah yang menjadi bukti kehidupan di masa lalu. Meskipun saat ini bangunan candi sudah tidak utuh dan hanya terdapat dasarnya yang berbentuk persegi empat saja, tidak sedikit yang tetap berkunjung ke situs tua ini. Situs tua ini sebenarnya memiliki tinggi sekitar 4,7 meter dengan stupa atau patung bentuk bulat di bagian atasnya. Namun saat ini yang bisa Anda lihat hanya persegi dengan ukuran 19 x 19 meter dan tinggi hanya 1 meter saja. Jika melihat bentuk bangunan persegi yang simetris tersebut, bisa disebut jika pembangunan yang dilakukan sudah mengenal ilmu matematika dan temuan benda yang lain membuktikan bahwa situs ini merupakan bekas peninggalan dari zaman Neolitikum.

Meskipun bangunan tengah Candi Jiwa sudah hancur, Anda masih bisa melihat bekas reruntuhan candi berupa bata merah yang menjadi bahan pembentuk candinya. Jika melihat reruntuhan bata merah yang berukuran besar tersebut, maka bisa dilihat jika pembangunan candi tidak hanya menggunakan batu hitam seperti pada candi yang lain. Dengan kata lain, candi ini membuktikan bahwa penggunaan batu bata merah sebenarnya memang sudah digunakan sejak lama. Melihat reruntuhan candi mungkin membuat Anda kurang puas, namun jangan khawatir karena bekas bangunan lain yang berupa patung dan relief masih tersimpan dengan aman di Museum Batujaya.

Museum Batujaya biasanya menjadi pusat penelitian bagi masyarakat. Tak hanya itu saja, Anda juga akan melihat prasasti dengan tulisan kuno yang menggunakan bahasa atau aksara Palawa. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa benda temuan lain yang menjadi bukti adanya zaman prasejarah yang merupakan masa sebelum masehi. Benda-benda tersebut seperti tembikar dan manik-manik. Dari beberapa temuan tersebut membuat peneliti semakin yakin bahwa Candi Jiwa merupakan candi tertua di Jawa karena hingga saat ni belum ditemukan candi tertua yang lain.

Jika melihat sejarah dan bentuk bangunan tersebut, maka pasti akan lebih menarik jika dikunjungi secara langsung. Untuk itu ketahui terlebih dulu harga tiket masuk terbaru Candi Jiwa beserta rutenya. Candi ini terletak dekat dengan Sungai Citarum dan untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung datang ke Desa Segara, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Candi tersebut menghadap ke arah barat daya yang terletak di tengah persawahan masyarakat. Meskipun berada di tengah persawahan, Anda tidak perlu khawatir karena akses ke lokasi tersebut sangat mudah dengan adanya jalan beton. Saat masuk, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp5.000.

Harga tiket tersebut tergolong sangat murah sehingga tidak perlu membutuhkan banyak biaya ketika ingin berlibur dengan keluarga ke Candi Jiwa. Itulah sedikit ulasan tentang harga tiket masuk terbaru Candi Jiwa beserta rutenya. Selamat berlibur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Tiket Masuk Terbaru Fantasy Island Waterpark Beserta Rutenya

Info Lengkap Harga Tiket Masuk Terbaru Kakek Bodo Beserta Rutenya.

Harga Tiket Masuk Terbaru Jembatan Akar Santoaan Beserta Rutenya