Harga Tiket Masuk Terbaru Taman Nasional Baluran Beserta Rutenya

Taman Nasional Baluran juga dikenal dengan sebutan “Africa Van Java” karena memiliki padang savana yang luas seperti di Afrika. Berlokasi di Banyuputih (Situbondo) dan Wongsorejo (Banyuwangi). Memang lokasinya berada di perbatasan kedua kota tersebut. Tempat ini memiliki luas sekitar 25 ribu hektar. Sangat luas bukan?

Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran yaitu sebesar Rp 15.000 untuk hari biasa dan Rp 17.500 untuk hari libur (wisatawan lokal). Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, dikenai tarif Rp 225.000 untuk hari libur dan Rp 150.000 untuk hari kerja atau hari biasa. Sedangkan tarif yang berbeda untuk pelajar/mahasiswa yaitu Rp 8.000 ketika hari biasa dan Rp 9.5000 untuk hari libur. Sedangkan tarif parkir pun berbeda yaitu Roda 4 Rp 10.000 untuk hari biasa dan Rp 15.000 untuk hari libur. Untuk roda 2, dikenai tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 7.500 untuk hari libur. Minibus/truk sebesar Rp 50.000 untuk hari biasa dan Rp 75.000 untuk hari libur.




Harga Tiket Masuk Terbaru Taman Nasional Baluran Beserta Rutenya

Setelah membayar tiket dan melewati pos penjaga, anda akan disuguhkan rindangnya pepohonan yang ada di sebelah kanan dan kiri. Inilah yang disebut dengan kawasan hutan hijau sepanjang tahun dan dijuluki sebagai “Evergreen Forest”. Yang membuat hutan hijau ini selalu hijau dan tidak pernah kering yaitu karena berada di cekungan dan dibawahnya terdapat sungai bawah tanah. Pepohonan di sebelah kanan dan kiri jalan tampak rapat seperti terowongan hijau.

Setelah melalui jalan sekitar 12 km, anda akan menemukan Padang Savana Bekol. Disinilah tempat padang savana luas terhampar. Pemandangan disini semakin menarik karena juga terdapat Gunung Baluran. Tak hanya pemandangan dari gunung dan savana, di tempat ini anda juga akan menemukan beberapa hewan seperti banteng, rusa dan kerbau.

Spot berfoto paling menarik di Taman Nasional Baluran adalah Sabana, tepatnya di bawah pohon akasia, kepala banteng yang berjajar dan papan nama Savana Bekol yang ada di tengah hamparan savana menjadi ikon di tempat ini. Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke Baluran namun tidak berfoto di spot – spot ikonik tersebut.

Bagi anda yang masih ingin menikmati keindahan Taman Nasional Baluran, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Bama. Di sepanjang perjalanan menuju Pantai Bama, anda akan menemukan banyak jenis burung yang beterbangan dan ada di pohon serta monyet liar. Pantai Bama memiliki pasir yang putih dan batu pantai yang kecil. Anda bisa menunggu matahari terbenam di tempat ini dan menikmati debur ombak. Fasilitas yang ada di Pantai Bama yaitu toilet dan mushola serta penginapan.

Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama, Taman Nasional Baluran memiliki beberapa penginapan seperti Wisma Rusa seharga Rp 100.000 per kamar untuk 2 orang. Wisma Merak seharga Rp 150.000 untuk 2 orang dan Wisma Banteng seharga Rp 400.000 untuk 4 orang. Di pantai Bama, ada wisma bernama Wisma Pilang seharga Rp 200.000 untuk 2 orang. Anda tinggal memilih dimana lokasi penginapan yang anda inginkan apakah di dekat Savana Bekol atau di dekat Pantai Bama. 

Rute yang harus dilalui untuk tiba di tempat ini ada beberapa alternatif pilihan. Apabila anda membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, anda bisa langsung menuju jalan Banyuwangi sampai ke Batangan lanjut ke arah Bekol. Anda juga bisa memulai perjalanan langsung dari Situbondo – Batangan. Jalan Bekol – Bama akan menghubungkan pintu masuk di Padang Savana Baluran.

Jika anda menggunakan kereta api, turunlah di Stasiun Banyuwangi Baru. Setelah itu, anda bisa naik bus jurusan Terminal Sri Tanjung Ketapang lalu dilanjutkan dengan bis jurusan Surabaya. Lalu, berhenti di Baluran. Anda akan diturunkan di depan pintu gerbang Taman Nasional Baluran.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena akan memudahkan anda. Apabila tidak memungkinkan, anda bisa menyewa ojek dengan harga Rp 50.000 dan menyewa motor seharga Rp 100.000.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Tiket Masuk Terbaru Fantasy Island Waterpark Beserta Rutenya

Info Lengkap Harga Tiket Masuk Terbaru Kakek Bodo Beserta Rutenya.

Harga Tiket Masuk Terbaru Jembatan Akar Santoaan Beserta Rutenya